Saturday, March 12, 2016

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Gambarnya

Ikan hias air tawar adalah ikan yang habitat aslinya di air tawar dan dipelihara untuk dilihat keindahannya bukan untuk dikonsumsi. Ikan hias dapat menjadikan hiburan yang menyenangkan bagi penggemarnya di tengah-tengah kesibukannya. Ikan hias sering dipelihara untuk kesenangan atau hoby. Bagi para penggemar ikan hias bentuk tubuh, warna, corak dan keserasian benar-benar diperhatikan sehingga menghasilkan ikan hias yang betul-betul sangat cantik.

Indonesia yang merupakan negara yang kaya akan flora dan fauna merupakan penyumbang terbanyak ikan hias. Hampir tiga perempat kebutuhan ikan hias dunia dipasok dari Indonesia dengan jenis kurang lebih 360 jenis ikan hias air tawar.

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan Oscar

Oscar adalah ikan hias air tawar dari keluarga cichlid yang berasal dari sungai-sungai di Amerika selatan, sungai amazon. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Atronontus Ocellatus ini memiliki tingkat intelegensi yang tinggi sehingga tidak heran kalau Oscar dapat mengenali pemiliknya dengan baik.
Ikan oscar merupakan jenis ikan karnivora (pemakan daging). Karena sifatnya sebagai karnivora, ikan ini tidak boleh disatukan dengan ikan lain yang lebih kecil seperti ikan guppy, molly, platy dan yang sejenisnya karena akan dimangsa oleh Oscar, kecuali ikan kecil tersebut memang sengaja diberikan untuk pakan Oscar.  
Ikan oscar meupakan ikan yang berumur relatif panjang. Ikan Hias ini rata-rata dapat hidup mencapai 10 hingga 12 tahun dengan ukuran tubuh maksimal mencapai 40 cm. 


Jenis-Jenis ikan oscar
Jenis utama ikan oscar adalah Tiger Oscar, Red Oscar dan Oscar Albino. Selain jenis tersebut, ada banyak jenis lain yang ditemukan dari hasil perkembangbiakan dari jenis jenis oscar. Lemon oscar, lutino oscar, yellow oscar adalah beberapa diantaranya.

Jenis Tiger Oscar memiliki dasar abu-abu dengan corak tubuh warna merah atau oranye dan merupakan Oscar asli sesuai yang ditemukan di habitat asalnya. Jenis Red Oscar memliki dasar tubuh merah dan tidak terdapat corak ditubuhnya. Sedangkan jenis albino Oscar memiliki dasar tubuh putih. Dari ketiga jenis Oscar di atas, Tiger Oscar dan Red Oscar adalah jenis yang sangat populer dikalangan penghobi ikan hias dan sering diperjual-belikan.

Ikan Arwana

Arwana adalah ikan hias air tawar dari keluarga Osteoglossidae  yang banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara. Ikan yang termasuk ikan purba ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dengan letak sirip dubur jauh di bagian tubuh belakang.

Ikan Arwana memiliki nama ilmiah Scleropages formosus dan memiliki banyak nama umum diantaranya adalah ikan siluk merah, ikan kayangan, ikan kalikasi, ikan naga, arowana, tangkelese, saratoga, barramundi, peyang dan ikan kelasa.


Jenis-Jenis Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana Super Red / Arwana Merah
Ikan Arwana Super Red merupakan ikan yang berasal dari perairan Kalimantan seperti Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Ikan arwana jenis ini sudah banyak yang membudidayakan dan menghasilkan beberapa varian diantarnya adalah warna merah cabe (Chilli Red), warna merah darah (Blood Red), merah orange (Orange Red) dan merah emas (Golden Red). Diantara empat varian tersebut Chilli Red merupakan jenis yang paling diminati oleh pecinta ikan hias.

Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden
Jenis ikan arwana cross back golden merupakan ikan arwana jenis golden yang berasal dari perairan Malaysia. Varian dari ikan arwana ini bermacam-macam tergantung dari warna dasarnya yang diantaranya adalah gold base, silver base, blue base dan purple base.

Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden
Jenis ikan arwana red tail golden atau sering disebut golden red merupakan ikan arwana jenis golden yang berasal perairan Pekan Baru Sumatera. Varian dari ikan arwana jenis ini adalah gold base, green base dan blue base.

Jenis Ikan Arwana Silver / Arwana Brazil
Jenis ikan arwana silver merupakan ikan arwana habitat aslinya berasal dari perairan Brazil dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Harga ikan arwana jenis ini sangat murah dibandingkan dengan harga arwana jenis lain. Varian dari ikan jenis adalah Arwana Silver Platinum.

Jenis Ikan Arwana Banjar
Ikan arwana banjar adalah ikan arwana yang berasal dari perairan Kalimantan Barat, Sungai Kapuas Hulu. Ikan ini memiliki warna merah yang menyala serta bentuk kepala yang membulat. Jenis

Jenis Ikan Arwana Jardini / Arwana Irian
Ikan Arwana Jardini adalah ikan arwana yang banyak ditemukan di perairan Papua yang memiliki warna sisik yang sangat unik. Tedapat 2 jenis warna dasar pada ikan arwana jenis ini, yaitu warna dasar terang (scleropages leichharti) dan warna dasar gelap (scleropages jardini).

Jenis Ikan Arwana Golden Pino / Arwana Hijau / Green Arwana
Ikan arwana golden pino adalah jenis ikan arwana yang mempunyai warna dasar tubuh berwrna hijau yang banyak ditemukan di perairan Asia seperti di perairan Kalimantan-Indonesia, Thailand, Malaysia dan kamboja.

Jenis Ikan Arwana Black Golden
Ikan arwana black golden adalah jenis arwana yang mempunyai warda dasar emas dengan sisik agak hitam dan banyak ditemukan diperairan Malaysia.

Jenis Ikan Arwana Afrika / African Arwana
Ikan arwana afrika adalah jenis arwana yang habitat aslinya terdapat di perairan Afrika. Sekilas bentuk tubuh jenis ikan ini menyerupai ikan arwana silver, tetapi  bentuk kepala ikan ini lebih kecil.

Jenis Ikan Arwana Arapaima Gigas
Ikan arwana arapaima gigas adalah jenis arwana yang hidup di sungai Amazon dana merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Panjang dari ikan ini mencapai 3 meter dengan bobot 200 kg.

Ikan Mas Hias

Ikan mas hias adalah ikan hias air tawar yang habitat aslinya terdapat di Asia Timur dan merupakan hasil dari domestikasi dan seleksi ketat perkawinan silang. Ikan asli ikan ini tidaklah terlalu menarik untuk dijadikan ikan hias. Namun dengan dilakukan perkawinan silang didapatlah varietas yang sangat bagus seperti di antaranya ikan mas koki, ikan koi dan ikan komet. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Carassius auratus auratus ini  merupakan ikan hias yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias akuaruim.   


Varietas
Ikan ini dibudidayakan di Cina sudah lebih dari seribu tahun yang silam. Pembudidayaan ikan ini dilakukan dengan pembiakan selektif yang nantinya akan menghasilkan varietas-varietas unggulan yang warna dan bentuk tubuhnya berbeda sama sekali dengan ikan leluhurnya. Berikut adalah jenis-jenis ikan mas hias.

Ikan mas biasa
Ikan mas biasa (Common goldfish) berbeda dengan kerabat terdekatnya, ikan karper prusia. Perbedaan terletak pada variasi warna tubuh ikan seperti merah, hitam, putih, jingga/emas dan kuning yang dikenal dengan ikan mas 'lemon'.

Black Moor
Balack Moor adalah varietas ikan mas hias yang mempunyai sepasang mata besar yang menonjol ke arah luar dengan sisik tubuh berwarna hitam dan merupakan golongan ikan mas koki bermata teleskop. Ikan mempunyai banyak nama diantaranya popeye, black teleskop, kuro demekin di Jepang dan dragon eye di Cina.

Bubble Eye/Mata Gelembung
Ikan hias Bubble Eye adalah jenis ikan mas koki dengan bentuk mata yang mengarah ke atas dan memiliki dua kantung mata yang berisi cairan.

Celestial Eye/Mata langit
Ikan mas hias Celestial Eye atau disebut juga Choten gan adalah ikan mas koki yang mempunyai ekor ganda dengan sepasang mata berbentuk teleskop yang mengarah ke atas atau ke arah langit.

Komet (ikan mas)
Ikan mas ekor komet adalah varietas ikan mas hias yang memiliki ukuran tubuh yang kecil, langsing serta ekor yang panjang dan bercabang. Ikan ini sangat populer dikalangan penjual ikan hias karena mudah dalam pemeliharannya serta harganya yang murah dibandingkan dengan ikan mas hias jenis lain.

Fantail/Ekor kipas (ikan mas)
Ikan mas Fantail adalah varietas ikan mas koki yang mempunyai tubuh bulat seperti telur. Ikan ekor kipas ini memiliki sirip punggung agak tinggi dan tidak mempunyai punuk bahu. Ekor dari Fantail lebih banyak yaitu empat kali lipat dari ikan koki biasa.

Lionhead/Kepala Singa
Ikan mas hias Lionhead adalah ikan mas yang mempunyai tudung kepala dan merupakan leluhur ikan ranchu.

Oranda
Ikan mas hias oranda adalah ikan mas yang mempunyai ciri tudung kepala menonjol berbentuk seperti raspberry yang hampir memenuhi seluruh kepalanya.

Pearlscale/Sisik Mutiara
Ikan mas hias Sisik Mutiara adalah ikan mas yang memiliki tubuh bulat seperti bola dengan sisik berkilau seperti mutiara serta memliki sirip seperti varietas Ekor Kipas.

Pompom (ikan mas)
Ikan mas hias Pompom atau hana fusa memiliki sekumpulan daging yang tumbuh di sekitar lubang hidungnya.

Ryukin
Ikan mas hias ryukin adalah ikan mas koki yang memiliki tubuh yang pendek, bulat serta bungkuk dan memiliki warna tubuh yang sangat cerah.

Shubunkin
Shubukin merupakan ikan hias Jepang yang tangguh yang memiliki pola warna tubuh kaliko dengan sisik berkilau pada tubuhnya seperti mutiara dan ekor tunggal yang lebar.

Mata Teleskop
Ikan mas hias Mata Teleskop atau Demekin adalah ikan mas koki yang mempunyai ciri mata yang menonjol ke luar dan tubuh yang bulat. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan Globe Eye atau ikan mas Dragon Eye.

Ranchu
Ikan mas hias ranchu adalah ikan mas hias dari Jepang yang memiliki ciri tudung pada kepalanya dan memliki bentuk tubuh yang bulat serta ekor yang tidak merumbai. Ikan hias ini dapat dinikmati keindahannya apabila dilihat dari atas atau punggungnya. Orang Jepang menjuluki ikan ini sebagai king of goldfish (Rajanya Ikan Mas).

Panda Telescope/Moor Panda
Moor Panda adalah ikan mas hias yang memiliki ciri pola warna hitam-putih dan matanya yang menonjol keluar.

Ekor Cadar -Veiltail
Ikan mas hias ekor cadar adalah ikan mas yang mempunyai ciri mempunyai ekor ganda yang sangat panjang. Keindahan ikan ini terletak pada ekornya yang panjang, sehingga pemeliharaan ikan ini mengharuskan perawatan agar ekornya tidak rusak.

Ekor Kupu-kupu (ikan mas) - Butterfly tail
Moor ekor kupu-kupu atau teleskop kupu-kupu adalah ikan mas hias yang mempunyai ciri memiliki mata telesekop serta ekor ganda yang mirip kupu-lupu dan merupakan keturunan jenis mata teleskop.

Ikan Mas Meteor - Meteor goldfish
Ikan mas Meteor adalah ikan mas hias yang cirinya tidak memiliki sirip ekor. Ikan ini merupakan varietas yang aneh yang dikembangkan oleh peternak ikan.

Lionchu
Ikan mas Lionchu atau disebut juga Ranchu Kepala Singa merupakan ikan hasil kawin silang antara Ranchu dengan ikan mas kepala singa.

Ikan Mas Telur-Egg-fish goldfish
Ikan mas hias telur adalah ikan mas yang tubuhnya berbentuk bulat dan tidak memiliki sirip punggung.

Shukin
Shukin adalah ikan mas hias yang merupakan hasil kawin silang antara verietas Oranda dengan rancu. Ikan ini dikembangkan di Jepang pada abad ke-19.

Ikan Mas Insang Keriting – Curled gill goldfish
Ikan mas Insang keriting adalah salah satu jenis ikan mas hias yang dibudidayakan oleh breeder ikan hias dengan bentuk yang tidak lazim yaitu mempunyai tutup insang yang terbalik.

Tamasaba
Tamasaba adalah ikan mas hias yang mempunyai bentuk tubuh seperti ikan Ryukin dengan ekor tunggal sangat panjang seperti ikan makerel. Ikan yang mempunyai sebutan Sabao ini dibudidayakan di jepang yang sering disebut dengan ekor makerel.

Tosakin
Tosakin adalah ikan mas mas hias yang mempunyai ciri khusus memiliki sirip ekor mengembang secara horisontal.

White Telescope
White telescope adalah jenis putih dari ikan mas hias teleskop yang mempunyai warna dasar tubuh putih.

13 comments:

  1. huu, aku kok tidak suka apa-apa yang hidup diar ya...klik.. http://bit.ly/2agXzGG

    ReplyDelete
  2. infonya sangat menarik dan semoga sukses ya.. jangan lupa kunjungi website kami di www.haloqq.com

    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  3. Paling suka sama ikan arwana , karena saya punya dirumah .. hehe.. bagus sekali gan info yang lengkap dan mudah dimengerti, good job

    Download Game dan APP Android Gratis http://pengalamangeges.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Infonya menarik sekali admin.. update terus doong.. informasi seperti butuh banget untuk yang belum tau, tapi foto nya lengkapin lagi yaahh.. biar tau jenis-jenis ikannya..

    Semoga ini bisa manfaat juga Obat Oles Untuk Gatal dan Perih di Selangkangan

    ReplyDelete
  5. ikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan

    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Bandar Domino Online
    Judi Poker
    Agen Capsa Susun OnlineAgenPoker Domino

    Sumber : AgenPoker.Biz

    ReplyDelete
  6. makasih fotonya

    www.marjayatrans.com

    ReplyDelete
  7. Gan ikannya cantik cantik ,info yang menarik salam sukses

    https://top-trulum.com
    https://wajahtop.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Gan ikannya cantik cantik ,info yang menarik salam sukses

    https://top-trulum.com
    https://wajahtop.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Jenis dari ikan arwana sebener nya lumayan banyak juga ya min. Tapi kisaran dari harga yang di berikan untuk 1 arwana super red itu gimana ya? Mohon informasi nya ya min. Thanks

    ReplyDelete