Tuesday, February 9, 2016

Avatar: The Legend of Aang

Avatar: The Legend of Aang adalah serial animasi televisi yang bercerita tentang petualangan seorang pemuda bernama Aang bersama teman-temannya dalam menyelamatkan dunia dari gangguan Negara Api yang jahat. Tema dari serial animasi ini adalah tentang seni dan mitologi bela diri dan sihir yang dipengaruhi oleh budaya Asia. Aang sendiri adalah seorang avatar yang baru berumur 12 tahun yang berasal dari Kuil Udara Selatan.

Avatar: The Legend of Aang mengambil latar belakang lokasi di sebuah dunia yang penuh fantasi di mana dunia tersebut merupakan tempat tinggal manusia, roh-roh dan berbagai binatang fantastik yang aneh. Di dalam cerita ini, peradaban manusia dibagi menjadi empat suku bangsa menurut unsur-unsur alam yaitu Suku Bangsa Air, Suku Bangsa Tanah, Suku Bangsa Udara dan Suku Bangsa Api. Suku Bangsa Air disebut Water Tribe, Suku Bangsa Tanah disebut Earth Kingdom, Suku Bangsa Udara disebut Air Nomads dan Suku Bangsa Api disebut Fire Nation. Dari tiap-tiap bangsa tersebut ada beberapa orang yang memiliki ilmu dan kemampuan untuk mengendalikan unsur alam sesuai dengan asal bangsa mereka yang merupakan gabungan dari seni bela diri dan ilmu sihir unsur alam, orang tersebut disebut Bender.   

Berbeda dengan  Bender, Avatar adalah seseorang yang mampu untuk mengendalikan setiap unsur alam, yang merupakan titisan roh dari planet ke dalam wujud manusia. Saat sang Avatar meninggal dunia, Ia akan reinkarnasi di bangsa yang terntentu menurut siklus avatar. Kelahiran avatar didasarkan pada musim yang terjadi saat itu. Bila terlahir di musim dingin ia akan berada di Suku Bangsa Air, jika musim semi ia akan berada di Suku Bangsa Tanah, jika musim panas ia akan berada di Suku Bangsa Api dan jika musim gugur ia akan berada di Suku Bangsa Udara. Seorang Avatar harus mempelajari unsur alam sesuai dengan siklus Avatar, dimulai dari unsur suku bangsanya sendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat sulit, karena perbedaan karakter seni bela diri setiap suku bangsa.

Diceritakan dalam serial animasi ini, seorang anak laki-laki bernama Aang berusia 12 tahun. Ia adalah seorang pengendali angin yang berasal dari Kuil Udara Selatan. Aang diberi tahu oleh para sesepuh bahwa dia adalah seorang Avatar. Walaupun dalam kebiasaan di tempat mereka seorang avatar diberitahu sebagai avatar ketika berumur 16 tahun, namum Aang diberitahu saat berumur 12 tahun. Hal ini karena para biksu takut akan terjadi kekacauan perang di antara keempat bangsa. Sehingga bila dipercepat maka dunia akan damai tentram. Tentu saja percepatan ini membuat Aang bingung dan depresi berat. Kejadian ini membuat Aang memilih untuk kabur dari Kuil Udara Selatan. Dalam perjalanan melarikan diri ini, Aang bertemu dengan badai sangat besar dan dahsyat. Ini menyebabkan dia bersama Appa jatuh dan tenggelam ke laut. Appa sendiri adalah seekor banteng raksasa yang bisa terbang milik Aang. Dengan kemampuannya, Aang membuat bola udara besar yang mengelilingi tubuhnya untuk melindungi mereka berdua sehingga mereka tidak basah. Karena udara sangat dingin, menjadikan air disekitarnya menjadi beku dan Aang bersama Appa terjebak di dalam bongkahan es.

Kemudian Aang dan Appa di temukan oleh Katara dan Soka. Katara adalah seorang pengendali air. Kemudian mereka berdua menolong Aang dan Appa dari bongkahan es. Setelah itu mereka saling ngobrol dan menjelaskan bahwa selama Aang menghilang telah terjadi kekacauan yang diakibatkan oleh peperangan antara Bangsa Api denga tiga bangsa lainnya yaitu Suku Air, Pengendara Udara dan Kerajaan Bumi. Semua Kuil yang ada di tiga bangsa tersebut dihancurkan oleh Bangsa Api, agar tidak terjadi reinkarnasi Avatar. Ini menjadikan Aang sebagai pengendali udara terkahir dan satu-satunya yang hidup dimuka bumi. Kemudian Aang menyadari bahwa ia berkewajiban untuk mengemban tugas menjadi seorang Avatar, yang konsekuensinya berkewajiban untuk mempelajari pengendalian empat unsur alam, agar dapat mengalahkan Bangsa Api dan mengembalikan dunia menjadi damai dan tenteram lagi. Dalam memikul tugasnya, Ia ditemani oleh Katara dan Sokka serta dua peliharaannya yaitu Momo dan Appa. Lalu mereka mengembara mencari para ahli pengendalian unsur-unsur alam tersebut. Dan mereka juga menghindari dari upaya penangkapan Bangsa Api.































2 comments: